Wajah Baru Timnas Indonesia Dalam Persiapan Piala AFF

admin | Minggu, 27 November 2022 01:00:24 PM

Shin tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia menghadirkan beberapa wajah baru dalam Timnas Indonesia dan dalam daftar 28 pemain yang akan disiapkan untuk FIFA match day. Shin Tae Yong tetap menyertakan para pemain yang membawa Tim Garuda Finish sebagai runner up di Piala AFF 2022. Para pemain dipadukan dengan muka-muka baru yng ingin dilihat kemampuannya oleh pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan. Tim Garuda akan memulai petualangannya dengan menghadapi Kamboja di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 23 Desember 2022. Timnas Indonesia bergabung dalam Grup A Piala AFF 2022  bersama kamboja, thailand, Filiphina dan Brunei Darusalam.

Dalam kejuaraan yang dihelat dengan sistem round robin di fase grup itu, Tim Garuda akan menjamu Kamboja dan Thailand di Bekasi, serta bertandang ke Filipina dan Malaysia, di mana negara terakhir menjadi markas dari Brunei Darussalam. Pemusatan latihan di Bali tak hanya menjadi bagian persiapan dari Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala AFF 2022, tapi juga menjadi arena bagi Shin Tae-yong untuk menentukan 23 pemain yang akan masuk skuad final untuk Piala AFF 2022. Kali ini menjadi kesempatan Timnas Indonesia berprestasi, apalagi jika ditambah dengan wajah-wajah baru dalam daftar pemainnya.

Berikut 5 wajah baru yang masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia

  1. Sandy Walsh

 

 

Baru resmi menjadi Warga Negara Indonesia Sandy Wlash diyakin akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Diketahui bahwa Sandy Wlash mempunyai kemampuan luar biasa dalam pertahanan. Sandy Walsh juga bukan wajah asing menurut Shin Tae Yong. karena pada bulan Mei ia pernah ikut latihan bersama dengan Timnas Indonesia jelang laga persahabatan melawan Bangladesh. Walaupun saat itu Sandy tidak membela Timnas Indonesia karena belum mendapatkan status WNI. Kehadiran Sandy Walsh tentu bakal menambah kualitas di sektor kanan pertahanan Timnas Indonesia.

 

 

 

2. Dzaky Asraf

 

 

Salah satu wajah baru yang dipanggil oleh Shin Tae Yong adalah Dzaky Asraf, Dzaky Asraf merupakan pemain dari U-20 yang memulai debut pada 2022. Shin Tae-yong juga telah memberikan kesempatan pada pemain 19 tahun itu bermain lima kali di skuad U-20. Dzaky Asraf bermain di posisi sayap. Kehadirannya diharapkan bisa menambah kualitas serangan Timnas Indonesia di Piala AFF mendatang. Asraf tampil cukup bagus bersama Indonesia U-20 selama training camp di Turki dan Spanyol. Jika masuk skuad Piala AFF 2022, Asraf mungkin bisa mengulang ‘ledakan’ Ramai Rumakiek.

 

 

 

  3. Jordi Amat

 

 

Sudah Resmi menjadi Warga Negara Indonesia sama seperti Sandy Wlash tetapi Jordi belum bisa ikut membela Timnas Indonesia karena proses pergantian asosiasi dari RFEF (Spanyol) ke PSSI masih dalam proses di FIFA. Kehadiran Jordi Amat tentu bakal menambah kualitas di jantung pertahanan Timnas Indonesia.Kemungkinan besar Jordi Amat akan diduetkan dengan Elkan Baggott sebagai tembok kukuh skuad Merah Putih. Jordi Amat memiliki pengalaman yang tak main-main dalam kariernya sejak 2009. Ia pernah menjadi bagian dari Espanyol dan Rayo Vallecano di Liga Spanyol dan juga Swansea City di Liga Inggris.

 

 

 

 

 

 4. Hansamu Yama

 

 

Pemanggilan Hansamu Yama tidak lepas dari performa apik Hansamu bersama Persija Jakarta. Hansamu jadi pilihan utama Thomas Doll dan membuat Persija menjadi tim dengan kebobolan paling minim di Liga 1 2022/2023. kemampuan Hansamu berkembang pesat. Hansamu kini bisa bermain dalam formasi tiga maupun empat bek. Yang paling menonjol, kemampuan distribusi bola Hansamu meningkat signifikan. Kini Hansamu berkesempatan kembali ke Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 mendatang dengan mempunyai syarat untuk menarik perhatian pelatih Shin Tae Yong selama pelatihan yang akan di Selengarakan di Bali

 

 

 

 

5. Andy Setyo

 

 

 

Andy Setyo mempunyai karir yang lebih lama bersama Timnas U-23 dan pernah berprestasi dan sempat masuk dalam daftar pemain Timnas U-23 untuk SEA Games 2021, Namun, ketika itu penampilannya tidak mampu menarik perhatian pelatih Shin Tae-yong. Pemusatan latihan jelang Piala AFF 2022 jadi kesempatan buat Andy Setyo untuk kembali ke Timnas Indonesia.