Peraturan Bermain Tennis

admin | Sabtu, 22 Oktober 2022 08:00:23 AM

A tennis racket and new tennis ball on a freshly painted tennis court (Image by standret on Freepik)

 

Tenis adalah olahraga yang berasal dari Inggris sekitar abad ke-19 dan sekarang dimainkan di sejumlah negara di seluruh dunia. Ada empat turnamen besar yang dikenal sebagai ‘jurusan’ yang mencakup turnamen Wimbledon, AS Terbuka, Prancis Terbuka, dan Australia.

Obyek Permainan

Permainan tenis dimainkan di lapangan persegi panjang dengan arring melintang di tengahnya. Tujuannya adalah untuk memukul bola melewati net dengan mendaratkan bola di dalam batas lapangan dan dengan cara yang mengakibatkan lawan tidak dapat mengembalikan bola. Anda memenangkan satu poin setiap kali lawan Anda tidak dapat mengembalikan bola di dalam lapangan.

Pemain & Peralatan

Pertandingan tenis dapat dimainkan oleh salah satu pemain di setiap sisi – pertandingan tunggal – atau dua pemain di setiap sisi – pertandingan ganda. Lapangan berbentuk persegi panjang memiliki garis dasar (di belakang), area servis (dua ruang tepat di atas net di mana servis yang berhasil harus mendarat) dan dua jalur trem di kedua sisi. Pertandingan tunggal berarti Anda menggunakan jalur trem sisi dalam dan pertandingan ganda berarti Anda menggunakan jalur trem luar.

Sebuah lapangan dapat dimainkan di empat permukaan utama termasuk rumput, tanah liat, permukaan keras dan karpet. Setiap turnamen akan memilih satu jenis permukaan dan tongkat tanpa seluruh. Semua yang diperlukan dalam hal peralatan adalah raket senar masing-masing dan bola tenis.

Skor

Anda perlu mencetak empat poin untuk memenangkan permainan tenis. Poin tersebut dikenal sebagai 15 (1 poin), 30 (dua poin), 40 (tiga poin) dan yang keempat akan menghasilkan poin kemenangan dan akhir dari permainan itu. Jika skornya mencapai 40-40, ini akan dikenal sebagai deuce. Ketika permainan mencapai deuce, pemain harus menang dengan dua poin yang jelas.

Memenangkan Permainan

Untuk memenangkan permainan, Anda harus memenangkan sejumlah set tertentu (best of three untuk pertandingan putri dan best of 5 set untuk pertandingan putra). Memenangkan satu set hanyalah pemain pertama yang mencapai 6 game tetapi harus jelas dengan setidaknya 2 game. Jika lawan Anda memenangkan 5 game, Anda harus memenangkan set 7-5. Jika set menjadi 6-6 maka tie break dimainkan dan itu hanya pemain pertama yang mendapatkan 7 poin.

Aturan Tenis

Permainan dimulai dengan lemparan koin untuk menentukan pemain mana yang harus melakukan servis terlebih dahulu dan dari sisi mana mereka ingin melakukan servis.

Server kemudian harus melayani setiap titik dari sisi alternatif di garis dasar. Kaki server tidak boleh bergerak di depan baseline di lapangan sebelum melakukan servis.

Jika server gagal mendapatkan servis pertama, mereka dapat memanfaatkan servis kedua. Jika mereka kembali gagal mendapatkan servis kedua mereka, maka kesalahan ganda akan dilakukan dan poinnya hilang.

Jika server memotong net tetapi bola masih berada di area servis, maka let dipanggil dan mereka dapat mengambil servis itu lagi tanpa penalti. Jika bola mengenai net dan gagal masuk ke area servis maka out disebut dan mereka kehilangan servis tersebut.

Penerima dapat berdiri di tempat yang mereka inginkan setelah menerima servis. Jika bola dipukul tanpa servis memantul maka server akan menerima poin.

Setelah servis dilakukan, jumlah tembakan antar pemain bisa tidak terbatas. Poin dimenangkan dengan memukul bola sehingga lawan gagal mengembalikannya di area skor.

Poin diberikan dalam skor 15, 30 dan 40. 15 mewakili 1 poin, 30 = 2 dan 40 = 3. Anda

membutuhkan 4 poin untuk memenangkan permainan. Jika permainan mendarat di 40-40 itu dikenal sebagai deuce. Dari deuce, pemain harus memenangkan 2 poin berturut-turut untuk memenangkan permainan. Setelah memenangkan satu poin dari deuce, pemain mereka diuntungkan. Jika pemain memenangkan poin berikutnya, mereka memenangkan permainan, jika kalah, kembali ke deuce.

Untuk memenangkan set, pemain harus memenangkan 6 game dengan 2 atau lebih. Set pembuka akan masuk ke tie break jika berakhir 6-6 di mana pemain bermain terlebih dahulu dengan 7 poin. Set terakhir tidak akan memiliki tie break dan mengharuskan pemain untuk menang dengan dua game tanpa batas.

Jika seorang pemain menyentuh net, mengalihkan perhatian lawannya atau menghalanginya, maka mereka secara otomatis kehilangan poin.

Bola dapat mengenai bagian mana pun dari garis untuk titik yang akan dipanggil masuk, di luar garis dan bola keluar.

Bola dalam pertandingan tenis diganti dengan bola baru setiap 6 pertandingan

Seorang pemain kehilangan satu poin jika mereka gagal mengembalikan bola di salah satu area yang benar di lapangan, mengenai net dan tidak masuk ke area lawan atau gagal mengembalikan bola sebelum memantul dua kali di paruh mereka.