Alasan Badan Terasa Sakit Karena Tidak Rutin Berolahraga

admin | Sabtu, 5 November 2022 03:00:23 PM

 

 

Pernahkah kamu merasakan sakit diseluruh tubuh setelah berolahraga?

Padahal dengan berolahraga, bertujuan untuk menyehatkan anggota tubuh badan. Namun tidak semua orang yang siap untuk merasakan pegal dan nyeri setelah lama tidak berolahraga. Rasa nyeri tersebut juga akan lama hilang bahkan hingga beberapa hari kedepan. 

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena pegal dan nyeri yang diakibatkan oleh berolahraga merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi. Biasanya hal tersebut dirasakan bagi kamu yang baru memulai atau tidak pernah melakukan olahraga sama sekali sebelumnya setelah sekian lama. Apa saja sih penyebabnya? Yuk, simak penjelasan berikut!

 

PENYEBAB

 

  1. Rasa sakit setelah tidak lama berolahraga, kemudian kembali berolahraga biasanya disebabkan oleh jaringan otot yang mengalami kerusakan. Tapi, ini bisa disebut normal ya.  Akibat rusaknya jaringan otot yang sebelumnya tidak dipaksa untuk bergerak, maka menyebabkan pergeseran yang menimbulkan rasa pegal dan sakit pada tubuh. Dimana kondisi ini disebut dengan Delayed Onset Muscle Sense (DOMS). Karena, ketika berolahraga, kamu akan secara paksa jaringan otot pada tubuh, sehingga membuatnya mengalami kerusakan dan pecah. Hal tersebut dikarenakan otot dipaksa untuk menjadi kuat dan besar dari sebelumnya sehingga membutuhkan adaptasi terlebih dahulu terhadap gerakan-gerakan yang tidak biasa dirasakan sebelumnya. Jadi, jika kamu melakukan aktivitas ini secara rutin untuk kedepannya, maka otot akan lebih kuat dan mudah beradaptasinya. Dan kamu tidak akan lagi  merasa pegal atau nyeri setelah beberapa kali berolahraga.

 

  1. Selanjutnya, rasa sakit dan nyeri setelah lama tidak berolahraga yang dianggap wajar ini, tidak semuanya memiliki pertanda yang baik bagi tubuh. Karena, semakin banyaknya bagian tubuh yang terasa sakit dan nyeri, maka bisa jadi merupakan suatu pertanda bahwa semakin banyak pula otot-otot baru yang akan kamu rasakan untuk kembali beradaptasi terhadap gerakan-gerakan tubuh. Tetapi, pertanda kurang baik itu bisa juga ditimbulkan oleh kerusakan otot yang berlebihan akibat langsung menerima gerakan-gerakan berat saat berolahraga. Selain itu, jika gerakan latihan yang dilakukan salah atau keliru, maka kamu akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh hingga jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu, jangan sampai salah melakukan gerakan-gerakan olahraga ya!

 

  1. Rasa pegal dan nyeri selanjutnya perlu untuk kamu selidiki apakah rasa sakit tersebut tergolong wajar atau tidak wajar sehabis setelah berolahraga. Jika rasa nyeri tersebut berkelanjutan, maka kamu perlu konsultasi ke dokter dan memberitahukan keluhan terhadap rasa sakitmu yang berlebihan. Hal tersebut akan membuatmu tidak bisa untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Maka penyebabnya akan membuat bengkak di beberapa bagian tubuh tanpa sebab, dan urine yang tiba-tiba berubah warna menjadi gelap.

 

CARA MENGATASI

 

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa pegal dan nyeri yang tidak bisa kamu hindari pada tubuhmu saat sudah lama tidak berolahraga, adalah:

 

  • Mengompres bagian rasa pegal atau nyeri dengan menggunakan air es atau juga bisa dengan menggunakan air hangat, agar sirkulasi darah menjadi lancar.
  • Mendiamkan bagian tubuh yang sakit dengan cara didinginkan kurang lebih selama lima menit guna untuk kembali melancarkan peredaran darah.
  • Oleskan balsem anti pegal pada bagian otot tubuh yang terasa sakit dengan memberikan sentuhan pijatan-pijatan lembut.

 

Namun, jika kamu mengalami DOMS yang menyebabkan nyeri dan pegal pada otot akibat lama tidak berolahraga, kamu tetap boleh untuk berolahraga, agar otot pada  tubuhmu semakin terbiasa, dengan begitu ketika berolahraga kamu tidak akan merasakan sakit lagi.